Tips Merawat Sandal Kulit Asli



Barang-barang dari bahan kulit memiliki nilai estetika, keistimewaan tersendiri dan terkesan lebih elegan dan classy. Apalagi bahan kulit yang cocok – cocok saja dipakai pada acara non formal dan formal di situasi apapun. Untuk itu tak jarang kita mau merogoh kocek lebih untuk mengkoleksi barang-barang yang terbuat dari bahan kulit asli. Termasuk diantaranya sandal kulit asli.  Biasanya kita akan lebih memilih memesan langsung di workshop hand made. sandal kulit handmade pria biasanya yang paling sering dipesan. Karena fungsinya sebagai alas kaki, tentunya barang yang cukup istimewa ini harus lah kita rawat sebaik mungkin.

Berikut beberapa tips untuk merawat sandal kulit asli kalian :

1.     Perawatan Sebelum Pemakaian

Sandal kulit baru yang belum pernah dipakai hendaknya perlu kita beri proteksi agar tidak cepat rusak. Kalian bisa menyemprotkan zat anti air . Selain menyemprotkan zat anti air kalian juga bisa menaburi bubuk zine oksida yang biasanya terdapat pada setiap bedak obat. Manfaat dari zine oksida ini adalah agar kaki kita tetap terjaga kering sehingga sandal kulit tidak akan basah atau lembab karena keringat kita.

2.             Sandal Kulit Basah/Terkena Air Hujan


Untuk mengatasi sandal agar kering kembali kita bisa menyemburnya di bawah paparan sinar matahari. Namun ingat, panas matahari yang terlalu menyengat malah justru bisa membuat sandalkulit kita mengkerut. Agar saat di jemur sandal kulit kita tidak mengkerut, kita bisa mengisikan kertas / tisu ke dalam sandal kita. Terutama pada model sandal yang tertutup. Selain itu, perhatikan waktu penjemuran. Sebaiknya hindari menjemur pada saat tengah hari dimana matahari sedang panas-panasnya. Sebaiknya jemur pada saat pagi hari atau sore hari dimana matahari tidak sepanas pada saat tengah hari.

untuk lebih lanjutnya agan2 bisa baca disini